Home Info Q & A Covid-19 Virus dan Hewan Peliharaan Anda

Q & A Covid-19 Virus dan Hewan Peliharaan Anda

349
0

Coronavirus Baru (COVID-19) dan Hewan Peliharaan

By Dr. Katy Nelson, DVM

Diterjemahkan oleh : Dr. Mohamad Abdul Qodir, MD, DipVA

Sumber : www.petmd.com

Sebagaimana komunitas di seluruh dunia merespon coronavirus baru (COVID-19), Anda seharusnya memiliki informasi terbaru bagaimana pengaruh pada Anda dan hewan peliharaan.

Ini adalah beberapa jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan dari pemilik hewan :

Q: Dapatkan anda memperoleh coronavirus dari hewan peliharaan anda ?

A: Tidak, sekarang ini tidak ada bukti

Satu dari pertanyaan yang sering didengar dari banyak pemilik pet adalah “ dapatkah saya mendapatkan virus dari pet saya atau sebaliknya “

Baik dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention) dan WHO (World Health Organization) telah menyarankan bahwa tidak ada bukti pada saat ini bahwa hewan pendamping dapat menyebarkan virus ke orang.

Terdapat beberapa laporan dari beberapa pet terinfeksi setelah kontak dekat dengan orang yang terinfeksi COVID-19

Tidak ada alasan apapun untuk mengambil langkah terhadap hewan pendamping yang dapat membahayakan kesejahteraan mereka dan mengikis ikatan yang anda miliki dengan hewan berkaki empat kesayangan anda.

 

Q : Dapatkah hewan membawa virus di kulit atau bulu nya ?

A: Tidak ada bukti

Ketika bakteri dan jamur sekarang ini diketahui berada di kulit atau bulu hewan, tidak ada bukti virus, termasuk virus penyebab COVID-19, dapat menyebar dengan mengelus atau menyentuh bulu pet anda. Bagaimanapun, sejak hewan dapat membawa germs lainnya yang dapat menyebabkan orang sakit, praktik terbaik adalah dengan mencuci tangan sebelum atau sesudah mengelus, menyentuh atau bermain dengan hewan peliharaan anda.

 

Q : Apakah saya sebaiknya menjauhkan anjing saya dari orang/anjing lain saat berjalan?

A: Iya

CDC merekomendasikan jauhi tempat dimana terdapat banyak orang dan anjing berkumpul seperti taman anjing disaat ini. Anda sebaiknya tetap berjalan dengan anjing anda karena itu penting untuk kesehatan mereka.

Ajaklah anjing anda berjalan-jalan tidak lebih dari jauh 6 kaki, sehingga anda tetap dekat dengan hewan anda, dan hindari kontak antara anjing dan orang selama berjalan. Jangan memelihara anjing orang lain (atau kucing sekitar lingkungan) dan hindari orang lain menyentuh hewan anda.

 

Q : Apakah aman mengadopsi hewan dari shelter ?

A: Iya

Tidak ada bukti saat ini hewan peliharaan dapat menyebarkan COVID-19, termasuk hewan di shelter.

Sebenarnya ini waktu yang tepat untuk mengadopsi dan memelihara hewan. Banyak shelter telah memperpendek jam kerja mereka dan mengurangi staf, sehingga mereka merasa frustasi untuk menemukan pengasuh dan adopter untuk membawa hewan dari shelter saat ini.

Tambahan, anda memiliki bonus tambahan untuk berada dirumah dengan hewan asuh atau hewan baru, sehingga anda memiliki banyak waktu untuk menolong mereka mendekompresi dan asimilasi dengan rumah tangga anda, dan melakukan beberapa ekstra latihan.

 

Q : Bagaimana jika saya terinfeksi COVID-19 dan harus dikarantina

A: Sediakan bahan persediaan penting untuk anda dan hewan setidaknya 2-4 minggu

Sementara hewan tidak menunjukkan resiko dari penyakit ini, anda sebaiknya membuat rencana untuk anda sendiri dan hewan dalam hal situasi emergensi. COVID-19 adalah pengingat untuk membuat rencana sekarang jika anda belum mengembangkannya.

Jika anda memerlukan karantina, pastikan anda memiliki pasokan dari bahan dibawah ini selama 2-4 minggu :

  • Makanan dan air
  • Obat-obatan yang diresepkan dan pencegahan (jangan lupa flea, thick dan heartworm).
  • Pasokan emergensi dan hygiene

 

Q : Bagaimana saya merawat hewan jika sakit ?

A : Menunjuk seseorang untk merawat mereka, cuci tangan anda sebelum dan sesudah kontak dan jangan mencium atau memeluk hewan anda.

Mengembangkan strategi dalam hal yang tidak mungkin dapat merawat hewan anda. Kontak tetangga, dokter hewan anda atau fasilitas dewan lokal untuk memfasilitasi mengamankan sementara waktu perumahan anda pada saat anda memerlukannya.

Jika anda sakit dengan COVID-19 atau penyakit menular lainnya, AVMA (American Veterinary Medical Association) merekomendasikan anda “Mintalah anggota keluarga  yang lain untuk berjalan, memberi makan, dan bermain dengan hewan peliharaan Anda. Jika anda memiliki layanan hewan, atau amda harus merawat hewan anda, maka pakailah masker wajah, jangan berbagi makanan, cium, atau memeluk hewan, dan cucilah tangan anda sebelum dan setelah kontak dengan hewan atau kegiatan layanan hewan”

 

Q : Bagaimana jika hewan saya memerlukan ke dokter hewan ketika saya sakit

A: Jika ini adalah emergensi, tanyakan ke pejabat kesehatan masyarakat tentang transportasi, dan beritahukan ke vet anda

Jika hewan anda memerlukan perawatan rutin saat anda sakit (pemeriksaan tahunan, vaksinasi, operasi elektif atau monitoring rutin), tanyakan vet anda untuk menjadwal ulang setelah anda sehat.

Jika hewan anda memerlukan perawatan segera atau emergensi, kontak pejabat lokal kesehatan masyarakat untuk menentukan keputusan terbaik untuk transportasi hewan anda ke vet. Beritahukan vet anda bahwa anda sakit maka meraka dapat mengambil langkah efektif untuk melindungi mereka sendiri dari kemungkinan paparan.

 

Q : Saya pikir hewan saya sakit-apa yang dilakukan saya ?

A : Temui vet anda

Jika hewan anda menunjukkan tanda sakit, dan mereka telah terekspos dengan seseorang dengan COVID-19, temui vet anda segera mungkin.

Menurut AVMA, “ test rutin dari hewan domestik untuk COVID-19 tidak direkomendasikan oleh AVMA, CDC, USDA atau American Association of Veterinary Laboratory Diagnosticians (AAVLD)”

Pemerikasaan mungkin dilakukan dengan permintaan resmi melalui keputusan kolaboratif dibuat oleh lokal, negara atau federal hewan dan pejabat kesehatan masyarakat.

Ini adalah situasi yang berkembang secara cepat dan kami mendorong anda untuk mengikuti website CDC dan WHO untuk informasi kedepannya. Ambillah pencegahan penting untuk tetap aman dan memiliki rencana untuk anda dan hewan peliharaan anda.

 

“ Stay safe & Healthy “