Home Info Resusitasi Jantung Paru Pada Kucing Dewasa Dan Kitten

Resusitasi Jantung Paru Pada Kucing Dewasa Dan Kitten

373
0

RJP untuk Kucing Dewasa dan Kitten

Reviewed for accuracy on January 24, 2020, by Dr. Jennifer Coates, DVM

Diterjemahkan oleh : Dr. Mohamad Abdul Qodir, MD, DipVA

Resusitasi jantung paru atau RJP untuk kucing adalah prosedur kegawat daruratan yang mudah-mudahan tidak perlu kamu gunakan. Lebih baik membawa kucing Anda ke dokter hewan sebelum masalah menjadi cukup berat yang memerlukan RJP. Tetapi ketika perlu dan diakukan dengan tepat, RJP dan pernafasan buatan bisa memberikan Anda cukup waktu untuk membawa kucing Anda ke dokter hewan.

 

Pertama, tentukan apakah kucing Anda memerlukan RJP

Sebelum anda memulai nafas buatan atau RJP, yakinkan bahwa kucing benar-benar memerlukannya. Berbicaralah pada kucing. Sentuh dan goyang perlahan kucingnya. Anda beresiko memberikan cedera serius dengan mencoba melakukan nafas buatan atau RJP pada kucing yang tidak memerlukannya.

Ini adalah beberapa tanda vital yang dapat anda periksa untuk membantu memutuskan jika nafas buatan atau RJP penting dilakukan :

  • Periksa pernafasan. Perhatikan pergerakan dada, atau merasakannya dengan tangan anda. Letakkan tangan anda didepan hidung kucing untuk merasakan nafasnya
  • Periksa untuk detak jantung dengan menaruh tangan anda di bagian bawah sisi kiri dada kucing.

Jika tidak ada tanda pernafasan atau detak jantung, mulailah langkah-langkah dibawah ini untuk kucing atau kitten

 

Bagaimana melakukan RJP untuk kucing dewasa dan kitten

Jika memungkinkan, lakukan langkah dalam perjalanan menuju dokter hewan. Jika kamu tidak dapat melakukan nafas buatan, dan jantung kucing telah berhenti, anda bisa langsung ke langkah 7 dan lakukan hanya kompresi dada

  1. Periksa nafas
  2. Jika tidak ada nafas, buka mulut dan perlahan keluarkan sumbatan jalan nafas yang dapat anda lihat. Ini aman dilakukan bila kucing tidak sadar.
  3. Tarik lidah kucing ke depan mulut dan tutup mulut dan perlahan pertahankan dengan lembut.
  4. Pastikan leher kucing lurus dan tiupkan udara ke hidungnya dengan 1 nafas setiap 4-5 detik.
  5. Berikan tiga sampai lima nafas, kemudian periksalah detak jantung dan nafas lagi. Jika ada detak jantung tapi tidak ada nafas, teruskan bantuan nafas dengan laju 10 nafas per menit.
  6. Jika tidak ada detak jantung, tidak ada nafas, lakukan nafas buatan dan lakukan segera RJP (langkah 7 sampai 10).
  7. Baringkan kucing, bisa pada sisi kiri atau kanan kucing, dan diletakkan di permukaan datar.
  8. Gosok dada kucing dengan satu tangan dengan meletakkan ibu jari dan jari lainnya di kedua sisi dada kucing, belakang siku dan diatas jantung. Berikan pijatan cepat untuk mengkompresi dada sepertiga dari ketebalan.
  9. Kompresi dada 100-120 kali per menit, berikan dua nafas setiap 30 kompresi.
  10. Jika memungkinkan, satu orang melakukan nafas buatan dan yang lainnya melakukan kompresi dada, bergantian setiap 2 menit untuk mengurangi lelah.

 

Bagaimana dokter hewan menghidupkan kembali kucing

Dokter hewan anda akan menilai aktifitas jantung dan paru sebelum melakukan upaya resusitasi. Jika dokter hewan anda dapat menghidupkan kembali kucing anda, akan dilakukan pemeriksaan tepat untuk menentukan masalah kesehatan yang mendasari.

Ketika tim veterinari melanjutkan RJP, beberapa atau semua dibawah ini bisa dilakukan untuk membantu menghidupkan kembali kucing anda :

  • Pemasangan endotracheal tube dan oksigen digunakan untuk nafas buatan. (ETT adalah sebuah tube yang diletakkan didalam trachea, jalan nafas lebar yang menghubungkan mulut dan hidung ke paru-paru)
  • Kateter intravenous akan dipasang untuk mempermudah pemberian obat emergensi and cairan.
  • Epinephrine dan beberapa obat emergensi akan diberikan untuk upaya merangsang jantung dan paru.

 

Apakah kucing akan bertahan jika mendapat RJP?

Sayang sekali, kebanyakan kucing yang telah mencapai titik memerlukan RJP tidak dapat selamat. Jika kucing anda bertahan, diharapakan kucing untuk tinggal di rumah sakit sampai diagnosis dibuat dan kondisinya stabil.

Ikuti semua instruksi aftercare dari dokter hewan, jika kucing anda gagal untuk perbaikan seperti yang diharapkan atau kembali kambuh, segera hubungi dokter hewan anda.

 

Bagaiman mencegah situasi dimana kucing memerlukan RJP

Kecelakaan memang terjadi, terlepas dari upaya terbaik dan beberapa kucing dapat menjadi cukup berat memerlukan resusitasi jantung paru dan nafas buatan. Pemeriksaan berkala dan perawatan segera dari masalah kesehatan dapat meminimalisir keadaan kucing menjadi masalah serius yang memerlukan nafas buatan atau RJP.

 

Tanda Kucing atau Kitten memerlukan segera perawatan dokter hewan

Tanda ini adalah alasan untuk segera membawa kucing atau kitten.

  • Kesulitan bernafas
  • Kelemahan berat atau lethargy
  • Pingsan
  • Tidak sadar
  • Kehilangan darah significant
  • Kejang
  • Timbul penyakit mendadak dan berat termasuk muntah dan diare
  • Nyeri hebat
  • Perubahan tingkah laku mendadak dan berat yang tidak dapat dijelaskan
  • Cedera berat atau trauma